Cara Mengatur Pola Tidur Agar Selalu Bugar

Tubuh melakukan proses perbaikan diri saat tidur.  Semakin teratur Anda tidur dan bangun rutin sesuai jadwal, kondisi kesehatan tubuh pun akan semakin baik. Hasil penelitian mengungkapkan Waktu tidur yang singkat bisa membawa anda ke masalah obesitas. Hal ini dikarenakan kurang tidur menyebabkan produksi hormon yang tidak seimbang dan merangsang nafsu makan.

inilah cara  mengatur pola tidur agar tubuh terhindar dari risiko penyakit berbahaya

Tidur Selama Tujuh Jam

Durasi tidur yang dianjurkan menurut Dr Preeti Devnani, dari Department of Neurology and Sleep Medicine di sebuah rumah sakit di India ialah 7-8 jam. Mengatur jadwal waktu tidur juga sangat penting, dan dianjurkan tidur malam dilakukan mulai pukul 22:00-07:00.

Waktu tidur tak bisa dikompensasi

Anda tidak dapat menggantikan waktu tidur di hari lain. Jika Anda berpikir bahwa selama hari kerja Anda bisa lolos memejamkan mata 4-5 jam, dan kemudian mengejar ketinggalan selama akhir pekan dengan jadwal tidur lebih lama, maka Anda salah. Dr Devnani menyatakan bahwa kurangnya waktu tidur tidak dapat dikembalikan atau dikompensasi. Dan perlu Anda tahu, tidur siang, sesungguhnya tidak boleh dilakukan lebih dari satu jam. Tidur siang juga tidak bisa menggantikan manfaat dari tidur di malam hari.

Tenangkan pikiran Sebelum Tidur

Ketika Anda pergi ke tempat tidur, penting untuk membebaskan pikiran dari berbagai masalah. Jika Anda memiliki masalah, tunggu pagi hari untuk menyelesaikannya. Psikolog klinis Varkha Chulani mengatakan, “Penelitian telah menunjukkan bahwa semakin sedikit Anda tidur lebih rentan Anda dengan tekanan emosional.”
Ini merupakan salah satu penyebab kanker, karena kurangnya waktu tidur. Ditambah lagi, pikiran-pikiran buruk yang menghiasi tidur Anda bisa semakin merusak kesehatan. Jika ingin tidur lebih tenang, coba dengarkan musik yang menenangkan atau melihat gambar yang bisa membuat tubuh dan pikiran merasa rileks. Ini bisa mengubah suasana hati Anda.

Jauhkan diri dari gadget Sebelum Tidur

Saat pergi ke kamar tidur usahan semua perangkat elektronik seperti ponsel pintar, tablet, laptop dalam kondisi mati. Neuropsychiatrist Dr Rajesh Parikh mengatakan, “Terlalu banyak orang yang terhubung ke perangkat digital dan internet. Banyak orang bahkan tidak bisa membayangkan kehidupan di luar dunia digital.

Karena itu, Rajesh menyatakan, “Saya tidak memiliki ponsel dan selama 20 tahun terakhir telah memperingatkan teman-teman saya dari bahaya kesehatan aakibat penggunaan ponsel.”

Radiasi dari ponsel dan gadget, katanya dapat menghambat tidur. Idealnya, kamar tidur Anda harus bersih dari suara gadget dan tak ada zona cahaya. Itu akan membantu Anda mendapatkan waktu tidur ideal.

Tak hanya itu, mematikan TV, telepon dan wifi saat tidur dan memasang lampu redup bisa membuat tidur Anda lebih lelap.

Hindari kafein Sebelum Tidur

Jauhi segala macam zat adiktif, alkohol dan kafein. Zat-zat tersebut bisa menghambat siklus tidur Anda. Jika Anda merasa perlu memanjakan diri dengan zat-zat tersebut, pastikan Anda melakukannya setidaknya tiga atau empat jam sebelum waktu tidur.

Mandi Air hangat Sebelum Tidur

Sebagian orang mungkin merasa perlu memanjakan diri dalam sebuah ritual sebelum tidur. Dan mandi air hangat bisa juga membantu tubuh Anda untuk memahami bahwa sudah waktunya untuk beristirahat dan bersantai.

Mandi air hangat, atau rendam kaki Anda dalam air hangat dengan tetesan minyak dan garam bisa jadi cara bersantai yang mudah. Oleskan lotion dan beri sedikit pijatan untuk tubuh, tentu bisa menenangkan diri Anda dan bisa membuat tidur lebih nyenyak.