Cara Mendidik dan Mengembangkan Psikologi Anak

Setiap orangtua pasti menginginkan agar anaknya mempunyai otak yang brilian, namun masih banyak  yang tidak tahu bagaimana cara mendidik anak yang baik baik bagi perkembangan psikologisnya.

Berikut tips mendidik anak :

1. Bicaralah dengan cerdas
Ajaklah bayi Anda bicara sesering mungkin, Dr. Jean Ashton, seorang pemerhati anak dari Sydney University mengatakan bahwa berbicara dengan bayi tidak selalu dengan memberikan pujian atau melucu saja. Ketika Anda bicara, bayi bisa menjadi pendengar yang baik, meskipun mereka tidak bisa menjawab dengan kata-kata, namun mereka bisa merespon menggunakan ekspresinya. Bisa juga Anda berbicara secara cerdas pada bayi dengan memanggil namanya, bertanya tentang sesuatu dan jangan lupa juga untuk menggunakan kalimat yang lengkap.

2. Mendengarkan Lagu
Lagu membuat anak mempelajari macam-macam bunyi dan menambahkan perbendaharaan kosa katanya. pilihlah lagu-lagu islami dengan syair yang baik dan nada yang unik serta temani dia dengan bergerak bersama saat mendengarkan lagu.

3.Hindari Junk Food
Makanan cepat saji dengan kadar gula dan lemak tinggi tidak baik bagi kecerdasan anak. Sediakan dan berikanlah makanan dengan gizi yang tinggi terutama bagi bayi yang berusia masih 2 tahun. Zat besi adalah zat yang sangat penting untuk membantu pertumbuhan otaknya, dan jangan lupakan sayur-mayur agar kesehatan fungsi pencernaan anak Anda tetap terjaga.

4. Ikut Bermain
Membaca dapat membuat anak mencintai buku, menambah perbendaharaan dan kemampuannya dalam bicara dan mengembangkan keterampilannya dalam berbahasa. Sekarang ini sudah banyak buku-buku yang baik dengan warna dan gambar menarik untuk dibacakan kepada mereka.

5. Batasi Menonton TV
Jangan biarkan anak Anda terlalu banyak menonton televisi, karena akan membuat anak menjadi malas. Selain itu sekarang ini banyak sekali pengaruh negatif pada tayangan televisi terhadap perilaku anak Anda. Berilah mereka jadwal untuk menonton tv, jangan berikan lebih dari 2 jam dalam sehari bagi mereka untuk menonton televisi.

6. Tidur yang Teratur
Istirahat dalam bentuk tidur sangatlah penting bagi anak karena mempengaruhi tiap aspek fungsi kognitif pada anak, termasuk perhatian, dan memori anak, serta bagaimana mereka memecahkan masalah yang mereka hadapi. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang tidurnya kurang lebih berpotensi untuk berperilaku tidak baik di sekolah dan sulit sekali untuk berkonsentrasi di kelas.

7. Berdo’a
Aspek ini begitu penting baik bagi anak maupun untuk orangtuanya, karena semua usaha yang kita lakukan dan terapkan kepada anak akan menjadi sia-sia jika tidak mendapatkan ridho-Nya.

Semoga bermanfaat

Leave a Comment