Cara Membuat Toping Donut Cantik ala Resto

Kalau ingin mahir membuat toping donut ini dia rahasianya. maka kualitas donut dengan penampilan ala resto bisa anda buat sendiri dirumah.

Butter cream

Butter Cream adalah bahan toping donat yang cukup populer dan ekonomis untuk menghias donat . Butter Cream ini biasanya dioleskan atau disemprotkan diatas permukaan kue donat dan ditambahkan Trimit atau meses untuk mepercantik. Butter cream ini juga dapat divariasikan dengan menambahkan berbagai macam pasta aroma seperti pandan, moka, pasta arom, Buah-buahan dan sebagainya, sedangkan biskuit coklat, atau kopi dapat dicampurkan dalam Butter Cream, ( haluskan terlebih dahulu biskuit sebelum dicampurkan dengan Butter Cream )

Tips mencairkan Butter Cream :

  1. Untuk Butter Cream cair dengan cara ditim dengan menggunakan 2 panci seperti cara mengetim coklat.
  2. Aduk-aduk terus Butter Cream sampai mencai namun tidak pecah.
  3. Tanda-tanda Butter Cream yang sudah jadi dan bagus adalah jika dituangkan dari atas akan jatuh mengalir secara perlahan, namun tidak putus dan tidak terpisah antara cairan dan lemak butternya
  4. Untuk pewarnaan sebaiknya dicampurkan sebelum Butter Cream dicairkan agar warna dapat tercampur merata. Simpan donat yang sudah dihiasi dengan Butter Cream kedalam lemari es atau ruangan ber-AC

Trimit

Trimit ini mempunyai banyak macam farian mulai dari bintang-bintang, bulan , hewan dan lain sebagainya sehingga memudahakan untuk membuat toping donat yang cantik dan menarik karena Trimit ini mempunyai banyak farian bentuk. Trimit ini terbuat dari bahan dasar gula kemudian dibentuk dalam ukuran sangat kecil-kecil dan mempunyai banyak farian bentuk.

Fondant atau plastic icing

ini dapat digunakan sebagai penutup permukaan donat agar donat tampak lebih sedap dipandang, dan menarik. Donat yang menggunkan bahan toping ini biasanya digunakan untuk hantaran ( goodie bag), kerena donat ini mempunyai penampilan yang sangat menarik dan cantik. Dengan menggunkan toping dari Fondant anda dapat membuat berbagai karakter hiasan yang lucu seperti wajah kartun, binatang yang imut dan lainnya, karena Fondant ini bersifat lentur sehingga mudah dibentuk ( seperti malam ).

Tips Membuat toping donat dari Fondant.

  1. Giling tipis fondant dengan ukuran 2 mm ( sesuikan warna yang anda sukai )
  2. Cetak sesuai dengan pola donat yang anda buat menggunkan donat cutter.
  3. Oles tipis seluruh permukaan donat yang akan ditutup menggunkan selai, butter cream atau madu.
  4. Beri hiasan donat dari Fondant atau Trimit yang sudah dibentuk sesuia selera.
  5. Usahakan saat menghias donat menggunkan bahan Fondant anda harus berada dalam ruangan ber AC, sehingga fondant yang anda pakai tidak lembek dan tidak mudah di bentuk lagi.
  6. Jika fondant yang anda pakai terlalu lembek, anda bsa tambahkan tepung maizena atau gula halus secara bertahap sesekali diuleni agar tidak lengket.

Royal icing atau forting

Forting terbuat dari putih telur yang dikocok hingga kental dan membentuk foam ditambahkan gula halus dan sedikit ditambahkan larutan asam dari jeruk lemon atau cuka agar kekentalannya agar tetap setabil.

Untuk pembuatan Rolay icing, gunakan satu butir putih telur dengan gula halus 250 gram. Tergantung tingkat kekentalan yang diinginkan, semakin banyak penggunaan gula halus maka semakin kental adonan Royal icing yang dihaluskan. ( campurkan dalam putih telur setelh putih telur dikocok hingga mengembang atau setengah kaku, agar volume kocokkan putih telur dapat mengembang maksimal. Setelah adonan jadi masukkan kedalam pipping bag agar adonan Royal icing tidak terkena udara dari luar yang dapat mengakibatkan Royal icing mengering.