Prinsip Diet OCD Puasa | Jendela Makan OCD

Metode diet OCD berbeda dengan program diet yang pernah ada, Sebenarnya inti dari diet ini adalah hanyalah puasa makan namun tetap boleh minum.

Prinsip Diet OCD Jendela Makan
Diet (OCD) ini memiliki metode / prinsip diet yang berbeda dengan diet Konvensional. Salah satu keunikannya adalah karena dalam diet OCD ada yang dinamakan dengan jendela makan. Jendela makan merupakan puasa yang dilakukan dengan cara membatasi waktu makan pada jam-jam tertentu, tapi Anda masih bisa makan apa pun yang anda mau. Puasa yang dimaksudkan disini artinya yaitu tidak menambah asupan kalori apa pun, selama anda menjalani puasa.

Anda juga tidak boleh sarapan pagi. Tapi Anda diperbolehkan untuk minum air, teh atau makanan apa pun yang penting tidak mengandung banyak kalori. Selain itu anda juga tidak boleh mengkonsumsi buah, susu dan lainnya selam anda berpuasa. Jika Anda melanggarnya maka diet yang anda lakukan bisa gagal total.

Dalam teknik OCD, Ada 4 Jendela Makan, sebagai berikut :
Sebelum membahas jendela makan, diet OCD juga tidak memperbolehkan anda untuk makan di pagi hari karena makan dipagi hari dapat menghambat proses pembakaran lemak.

Makan 8 Jam dengan puasa selama 16 Jam
Maksudnya yaitu Anda boleh makan selama 8 jam dan selama 8 jam tersebut Anda bisa makan sebanyak tiga kali. Misalnya Anda mengambil jendela makan mulai dari jam 1 siang sampai 9 malam. Setelah itu Anda tidak boleh makan sedikitpun, kecuali minum. @Kesimpulan : Selama 8 Jam anda boleh makan, dan selama 16 jam anda wajib puasa!

Makan 6 jam dengan puasa selama 18 jam
Ketika Anda memilih untuk mengambil waktu puasa 18 jam, maka Anda memiliki waktu untuk makan selama 6 jam. Misalnya Anda bisa mulai makan dari jam 12 siang hingga jam 6 malam. Setelah itu anda harus benar-benar puasa. @Kesimpulan : Selama 6 jam anda boleh makan, dan selama 18 jam anda harus puasa

Makan 4 jam dengan puasa selama 20 jam
Jika anda mengambil jendela makan ini, maka waktu untuk Anda makan semakin menyempit. Misalnya jika Anda mulai makan jam 2 siang, maka Anda hanya diperbolehkan makan sampai jam 6 malam saja. Sisanya anda harus puasa hehe…semakin berat ya! @Kesimpulan : Selama 4 jam anda boleh makan, dan selama 20 jam anda harus puasa

Puasa Selama 24 jam 
Mungkin ini hanya dapat dilakukan oleh professional terlatih. Disini Anda hanya diperbolehkan makan sekali dalam 24 jam. Jam berapa pun dan makan apa pun. Tapi bukan berarti anda boleh rakus dan mengonsumsi sarapan atau minuman berkalori selama puasa, tapi makanlah sewajarnya. Sisanya anda wajib puasa.

Contoh, Anda makan hari Jum’at jam 1 siang. Maka Anda baru boleh makan lagi pada hari sabtu pukul 1 siang. Lakukan puasa 24 jam ini sebanyak 2 kali dalam seminggu. Setelah puasa dua kali dalam seminggu terpenuhi, Anda kembali lagi ke jendela makan puasa makan 4 jam dan puasa selama 20 jam.

@Kesimpulan : Hanya boleh makan 1 kali dalam 24 jam + tidak boleh sarapan pagi

Bagi anda yang baru memulai mengikuti program diet ini, sebaiknya mengambil jendela makan mulai dari yang paling ringan misalnya makan selama 8 jam dan puasa 16 jam, jika anda mampu melakukannya, anda boleh mencoba tingkat selanjutnya. Tapi jika anda yakin, anda juga bisa langsung menjalankan puasa 24 jam. Karena untuk mendapatkan hasil yang diharapkan kita wajib mempunyai niat untuk berubah dan konsistensi dala menjalankan diet, jangan setengah-setengah.

Diet OCD ini akan berhasil dalam waktu paling lama sekitar dua bulan, tapi hal itu juga tergantung dari kemauan,tekad dan kedisiplinan Anda masing-masing.

Selamat mencoba ya.