Cara Cek Kesehatan dari Lunula Kuku Sendiri

Lunula kuku sendiri merupakan cara memeriksa kesehatan anda.. Lunula kuku ialah bagian kuku yang serupa bulan sabit ini, yakni wilayah yang serupa bulan sabit di pangkal kuku.

Lunula kuku ialah bagian matriks kuku yang terlihat di luar. Lunula yang sehat ialah yang berwarna merah muda transparan sebab pembuluh darah di bawahnya yang berbayang. Itu menunjukkan andai matriks kuku atau akar kuku dalam situasi sehat.

Berikut ini ciri-ciri lunula kuku dan hubungannya dengan kesehatan?

1. Anemia atau kelemahan gizi
Tidak adanya lunula pada ibu jari dapat menunjukkan kalo seseorang berpotensi menderita anemia atau kelemahan gizi. Tapi ini normal ditemukan.

2. Penyakit Wilson’s disease
Area lunula yang berwarna biru mengindikasikan seseorang menderita penyakit Wilson’s disease. Ini ialah penyakit gangguan genetik sebab tumpukan zat tembaga di sekian banyak organ vital, laksana hati, kornea mata, dan otak. Terjadi sebab hati tidak bisa bermanfaat untuk memahami zat tembaga secara sempurna. Akibatnya ialah fungsi hati rusak, sistem saraf pusat tidak berfungsi, sampai menyebabkan kematian.

3. Penyakit diabetes melitus
Kalo lunula berwarna biru pucat, dapat mengindikasikan penyakit diabetes melitus.

4. Penyakit kardiovaskular
Lunula yang berwarna merah dapat menunjukkan seseorang terindikasi penyakit kardiovaskular, penyakit pembuluh darah kolagen, atau penyakit hematologic malignancies atau kanker darah.

5. Penyakit sirosis
Penyakit hati yang berat ini dapat terjadi diperlihatkan pada orang yang lunulanya menghilang dan permukaan kukunya berubah warna menjadi putih atau disebut pun Terry’s nails. Biasanya ini terjadi pada seluruh jari kuku, meskipun dapat juga melulu muncul pada 1 jari kuku. 80% pasien dengan sirosis mempunyai Terry’s nails.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment