Cara Bersemangat Olahraga Saat Malas

Rasa malas memulai olahraga menjadi problema sebagian orang. tapi katanya ala bisa adalah karena biasa. Apa pun olahraga pilihan, jika dibiasakan akan jadi kesukaan. Yang penting, bulatkan tekat dan niat lebih dahulu. Baru selanjutnya, tingkatkan kualitas dan intensitas agar pengaruhnya pada tubuh makin baik.

Genjot Latihan Fisik
Baru 500 meter lari, sudah istirahat 30 menit. Itu percuma. Jalani latihan dengan dinamis, perbanyak aktivitas ketimbang istirahat. Menurut penelitian, istirahat 30-90 detik optimal untuk stamina tubuh.

Dengarkan Tubuh
Dengarkan isyarat dari tubuh. Jika sudah terlalu letih, silakan berhenti. “Jika terus berlatih keras setiap hari tanpa keseimbangan, intensitas tubuh Anda melemah,” tutur Erica Giovinazzo, pelatih di Brick New York. Ia menyarankan menutup olahraga dengan yoga.

Tingkatkan Intensitas
Ketika intensitas latihan ditambah, ada sensasi pembakaran dalam tubuh. Itulah saat tubuh terbentuk. Kalau bisa tingkatkan intensitas di setiap pertemuan, agar target baru membuat bersemangat.

Frekuensi dan Durasi
Frekuensi dan durasi adalah komponen penting membentuk stamina. Jangan hanya latihan fisik sekali seminggu. American College of Sports Medicine menyarankan, olahraga tiga hingga lima kali seminggu.

Motivasi
“Pikiran kita adalah kunci yang mampu mendorong tubuh,” kata Giovinazzo. Motivasi tambahan bisa didapat dengan mengajak kawan baru di Jomblo.com untuk membentuk komunitas olahraga bersama.

Leave a Comment