BlackBerry Q10 Kompatible Android

Bila anda bosan dengan semua ponsel canggih hanya dengan layar sentuh tanpa tombol,  BlackBerry tetap setia memberikan ponsel dengan tombol qwetry plus layar sentuh. Kini Smartphone ini kompatible dengan semua aplikasi android. Semua Aplikasi dan Game android dapat diinstal di BlackBerry Q10.

Ini adalah sebuah evolusi yang dilakukan BlackBerry, tidak sekedar merubah interface, BlackBerry juga melakukan perombakan besar-besaran untuk siap berkompetisi dengan platform dari kompetitor lainnya.

Desain BlackBerry Q10 dibuat kembali ke bentukan tradisonal BlackBerry. Lengkap dengan tombol QWERTY fisik. Bodinya melebar kesamping dengan layar yang sedikit lebih luas. kita tidak lagi menemukan trackpad ataupun trackball di ponsel ini. Jadi, layar sentuh akan menjadi satu-satunya cara untuk mengontrol layar ponsel.

Untuk faktor kenyamanan ponsel ini terasa nyaman di genggaman, karena material yang memang dipilih secara khusus untuk pasar ke pebisnis yang ekslusif. Layar Super AMOLED kapasitif Layar sentuh, 16 juta warna, termasuk dalam kualitas sangat baik.

Untuk akurasi layar sentuh, tidak punya keluhan. Setiap sentuhan dan gesture berhasil diterjemahkan dengan baik, membuat kontrol dengan layar (tanpa touchpad) pun semakin mudah dilakukan.

Dengan Spesifikasi TI OMAP 4470, Dual-core 1.5 GHz Cortex-A9; GPU PowerVR SGX544; Memori: External: microSD hingga 64 GB, Internal 16 GB, 2 GB RAM; Accelerometer, gyro, proximity, compass.

maka Q10 diharapkan mampu mengejar ketertinggalannya dari produk-produk teratas vendor dan OS lain. Semisal iPhone 5, Galaxy S4 atau pun Lumia 920.

Booting di awal aktivasi ponsel yang terbilang cukup singkat jika dibandingkan BlackBerry terdahulu. Akselerasi secara keseluruhan, pada dasarnya Q10 sudah siap menjalankan aplikasi-aplikasi berat, termasuk game. Namun bukan untuk itu produk ini dibuat.

Software cukup komplit. BlackBerry 10, BlackBerry World (app world), BlackBerry Messenger, BlackBerry Hub, FLAC Player, MP4 Player

Bicara software akan membawa kita ke sebuah sistem operasi anyar yang disebut BlackBerry 10 sebagai sebuah sistem yang digadang mampu mengembalikan BlackBerry di medan peperangan produk-produk pintar. Kini jumlah aplikasi yang bisa didownload dan di instal di ponsel ini berlimpah, dengan update software terbaru maka seluruh aplikasi dan game Android dapat di instal dengan mudah.

Satu fitur yang membuatnya tetap bertahan menjadi idola di Indonesia, yakni BlackBerry Messenger. Bahkan di BlackBerry 10 ini sejumlah fitur tambahan akan memudahkan Anda berkomunikasi dan berkoordinasi dengan sesama pengguna BlackBerry 10.

Diantaranya adalah BBM Video, yang memungkinkan kita melakukan video call dengan sejumlah fitur tambahan semisal screen share. Anda bisa berbagi layar yang Anda lihat dengan teman Anda.

Demikian juga saat melakukan sinkronisasi dengan PC. Anda bisa mendownload/install aplikasi tertentu seperti BlackBerry Link, atau hanya melakukan transfer file via WiFi.

Sebagai ujung tombak, Q10 menyediakan sebuah browser yang mumpuni. Jangan samakan dengan browser BlackBerry lawas karena browser ini memiliki banyak fitur yang memudahkan penggunanya saat mencari informasi di internet. Dan karena berformat HTML 5 maka akan terasa lebih powerful dan paling cocok untuk perangkat mobile.

Kamera 8 MP, dengan fitur timeshift lah yang pertama kita coba, karena dengan fitur ini kamera akan menangkap gambar dalam rentang waktu tertentu sehingga kita bisa memilih bagian mana yang terbaik untuk dianggap sebagai hasil foto jadi.

Hasil foto memuaskan untuk pemotretan di ruangan minim cahaya, apalagi hasil foto di kondisi luar ruang bisa diadu dengan hasil kamera ponsel kelas atas lain.

KESIMPULAN

Jika Anda membutuhkan sebuah ponsel dengan keyboard qwerty fisik yang mumpuni, maka tidak perlu berpikir lagi, produk ini akan memuaskan Anda. Namun Q10 dinilai belum bisa menggoda pengguna smartphone iOS dan Android terkini, apalagi desas desus rencana BBM akan hadir di kedua OS tersebut. Tapi jika Anda perlu mengganti BlackBerry yang terbaru tentu Q10 adalah pengganti yang lengkap. Selain membawa OS teranyar, ia pun membawa serta keyboard qwerty fisik yang mungkin akan Anda rindukan ketika menggunakan produk berlayar sentuh. Jika saja aplikasi yang disediakan sudah sebanyak milik iOS dan Android maka perjuangan blackBerry dalam mepertahankan produknya bisa saja berhasil.

Kelebihan:
– BBM 10
– LTE dan HSDPA
– Multi UI, layar sentuh responsif dan keyboard qwerty nyaman
– Kamera

Kekurangan:
– Autofokus kamera kurang sempurna.
– Flash LED kurang powerfull

Leave a Comment