Air Zamzam Tidak Pernah Kering Sampai Kiamat

Air Zamzam bisa berarti artinya air yang melimpah dan dapat juga berarti minum dengan regukan sedikt-sedikit. Sumber Zamzam berada disumur bawah tanah yang terletak 20 meter sebelah Tenggara Ka’bah ini mengeluarkan air bersih Zamzam tanpa henti. Mata airnya tidak pernah kering walaupun berjuta manusia meminumnya setiap hari terutama pada musim Haji Disarankan  agar sewaktu meminum air zamzam harus dengan membaca niat. Setelah minum air zamzam kita menghadap ke Ka’bah dengan mengangkat kedua tangan sambil berdo’a memohon pada Allah sbb:

“Bismillahirahmanirahim” Ya Allah, aku mohon pada-Mu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rezeki yang luas dan sembuh dari segala penyakit.

SEJARAH AIR ZAMZAM

Air  Zamzam sejarahnya tidak dapat dipisahkan dari kisah Isteri Nabi Ibrahim AS yaitu Siti Hajar dan putranya Ismail AS. Waktu Ismail dan ibunya ditinggalkan oleh Nabi Ibrahim di Mekkah, mereka kehabisan air untuk diminum.

Maka Siti Hajar pergi ke Bukit Shafa dan Marwah kalau-kalau di sana ada air. Siti Hajar berlari-lari kecil antara Bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali. Namun tidak berhasil menemukan setetes airpun. Tiba-tiba ia mendengar suara, maka Siti Hajar pun berkata: “Saya mendengar suaramu, tolonglah aku jika engkau punya kebaikan”.

Ternyata itu malaikat Jibril yang kemudian menampakkan diri dan melalui hentakan kaki Ismail, serta merta memancarkan air dari bumi. Siti Hajar membedung air itu karena melimpah-limpah serta berkata Zam…Zam…Zam yang dimaksudnya berkumpul-berkumpul. Tempat Air memancar kemudian dinamakan  Sumur Zamzam.

Setelah beberapa hari Siti Hajar dan anaknya tinggal di dekat mata air itu, datanglah kepada dua orang dari suku Jurhum yang mewakili bangsanya untuk berkenalan sekaligus minta izin untuk memanfaatkan air itu dan kalau boleh akan tinggal di sekitarnya.

Maka Siti Hajar dengan senang hati menerima mereka dan akhirnya menjadi sekumpulan masyarakat baru di sekitar mata air zamzam dan seterusnya menjadi sebuah kota yang amat ramai.

Dalam sejarahnya Zamzam ini sudah berkali-kali digali, baik karena tertimbun maupun karena perbaikan, antara lain yang dilakukan oleh Abdul Muthalib, kakek Rasulullah pada zaman jahiliyah (sebelum Islam) dan yang terakhir adalah yang dilakukan oleh Pemerintah Arab Saudi pada awal tahun 1980 M.

Karena kehadirannya tidak terlepas dari keajaiban melalui Nabi Ismail AS bersama ibunya Siti Hajar, maka sangat banyak keistimewaan air sumur Zamzam ini. Dilihat dari fungsinya jelas bahwa Allah memang bermaksud menyediakan sumber air di tengah tengah gunung batu dan padang pasir yang gersang, sebagai konsekuensi dari perintahnya melalui Nabi Ibrahim AS untuk mengundang sebanyak-banyaknya umat manusia datang ke Baitullah.

Sekarang dengan peralatan canggih, orang-orang di Masjid Nabawi, Madinah dapat minum air zamzam setiap saat.

KEUTAMAAN ZAMZAM

Dari segi keutamaanynya, sebagian ulama telah mengumpulkan berbagai fadilah dan keutamaan zamzam, antara lain adalah sebagai berikut:

  • AIR SURGA (maa’ul-jannah), Artinya, air yang penuh berkah dan manfaat, seperti air surga.NIKMAT ALLAH, salah satu nikmat Allah bagi para Jama’ah Haji yang langsung bisa merasakan nikmatnya air ditengah-tengah padang pasir.
  • PENCUCI KALBU Air pencuci kalbu Nabi Muhammad SAW ketika Jibril membasuh hati Muhammad SAW dengan air Zamzam.
  • PENUH BERKAH, Karena Rasulullah SAW senang meminumnya dan tangannya yang penuh berkah pernah dicelupkan ke sumur Zamzam.
  • MENGENYANGKAN, Air yang mengenyangkan dan menghilangkan dahaga “Air Zamzam membuat rasa kenyang dan menghilangkan rasa haus”.
  • OBAT PENYAKIT, Air penyembuh penyakit, baik menyembuhkan penyakit jiwa atau batin maupun penyakit jasmani. Rasulullah SAW menyebutnya “mengobati penyakit”. Banyak kisah dan riwayat tentang hal ini, sebagai bukti kebenaran dan hadits di atas.
  • ABADI, Tidak kering hingga hari Kiamat, karena ia menjadi bukti keagungan dan kebenaran Allah.